"Lakukanlah apa yang bermanfa'at untuk dirimu dan berpegang teguhlah dengannya"

Rabu, 06 September 2017

Petuah Usfuriyah

AMAL ORANG YANG SEHAT DI TULIS PADA WAKTU SAKITNYA


Dari Abi Umamah Al-Bahili ra, bahwa Rosulullah bersabda :

إِزَا مَرِضَ الْعَبْدُ الْمُؤْمِنُ أَمَرَاللَّهُ تَعَالَى الْمَلاَءِكَتِ أَنِ كْتُبُوْا لِعَبْدِ أَحْسَنَ مَاكَانَ يَعْمَلُ فِى الصِّحَةِ وَالرَّخَاءِ
Artinya : "Apabila orang mukmin sakit, Allah Ta'ala menyuruh para malaikat, "Tulis bagi hamba-Ku amal terbaik yang dikerjakannya di waktu sehat dan sejahtera".

Al-Kisah. diceritakan bahwa pada masa bani Israel terdapat seseorang lelaki fasik, tidak berhenti melakukan kejahatan, sedangkan penduduk negeri tersebut tidak mampu mencegah dari ke fasikannya, mereka (penduduk negeri) berdoa dengan khusyu kepada Allah Ta'ala.

Lantas Allah Ta'ala mewahyukan kepada Nabi Musa bahwa ada anak muda dari kalangan bani Israel yang banyak berbuat kejahatan, dan Allah Ta'ala berkata kepada Nabi Musa as : "usirlah dia dari negeri mereka hingga di timpa neraka."

Maka Nabi Musa as mengusir pemuda fasik itu dari desanya atas perintah Allah, kisah ini sangat menarik untuk menjadi bahan renungan kita dan di balik kisah ini ada kasih sayang nya Allah terhadap hamba-hambanya.

Atas perintah Allah Nabi Musa mengusirnya dari desa, pergilah pemuda fasik itu ke salah satu desa. kemudian Allah Ta'ala menyuruh Musa as mengusirnya dari desa itu, Musa mengusirnya sekali lagi dari desa itu sehingga pergilah pemuda fasik itu kepadang luas dan ke suatu tempat yang di situ tidak terdapat satupun manusia, burung, maupun binatang buas.

Sang pemuda pun akhirnya jatuh sakit di tempat itu dan tidak seorangpun yang menolongnya. ia tergeletak di atas tanah seraya berkata dalam sakitnya. "Wahai Tuhan-Ku" andaikata ibuku berada di dekat kepalaku niscaya ia akan menyayangi dan menangisi atas kehinaanku.

Andaikata ayahku berada di sisiku tentu dia akan menolong, memandikan, serta mengafaniku. andaikata istri berada di sisiku tentu ia akan menangis lantaran berpisah denganku.

Andaikata anak-anakku berada di sisiku, tentu meraka menangis di belakang jenazahku dan akan berkata, "Ya Allah ampunilah ayah kami yang asing", lemah, durhaka, serta berbuat kejahatan dan terusir dari suatu kota ke kota lain, dari desa ke tanah lapang dan keluar dari dunia menuju akherat dalam keadaan putus asa dari segala sesuatu kecuali dari rahmat Allah"

Pemuda itu terus berkata, "Ya Allah, jika engkau memutuskan hubunganku dengan ibuku, anak-anakku dan istriku, maka janganlah Engkau putuskan aku dari Rahmat-Mu dan Engkau telah membakar hatiku dengan perpisahan mereka dariku, janganlah Engkau bakar aku dengan api-Mu lantaran maksiatku.

Subhanallah sungguh mengharukan kisah ini, lihat betapa tidak berdayanya pemuda fasik itu lantaran sakitnya yang tidak seorangpun menolongnya, akan tetapi dengan kerendahan hatinya pemuda itu terus merengek-rengek berdoa kepada Allah agar mendapat rahmat dari Allah Ta'ala.

Al kisah lantas Allah Ta'ala mengirimkan bidadari yang merupakan ibunya, seorang bidadari yang merupakan istrinya, anak-anak yang merupakan anaknya, dan seorang malaikat yang merupakan ayahnya.

Merekapun duduk di sisinya dan menangisi pemuda itu seakan adalah anak-anak, istri, ibu dan ayahnya yang hadir di sisinya, "Ya Allah, janganlah Engkau putuskan aku dari rahmat-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Pemuda itupun berpulang ke rahmat Allah dalam keadaan suci dan terampuni. Maka Allah Ta'ala mewahyukan kepada Nabi Musa as 'pergilah engkau ke tanah lapang begini dan tempatnya begini, di situ telah meninggal dunia salah seorang Wali-Ku, mandikan, kafani, dan sembahyangilah dia.

Tatkala Musa tiba di tempat itu, ia melihat pemuda itu yang di usirnya dari kota dan desa dengan perintah Allah Ta'ala serta melihat bidadari menagisinya.

Nabi Musa as berkata, "Wahai Tuhan-Ku" bukankah ia adalah pemuda fasik yang ku usir dari kota atas perintah-Mu...?' Allah Ta'ala menjawab 'benar hai Musa, akan tetapi Aku kasihan da memaafkannya lantaran dalam sakit dan kejauhannya dari kampung halaman, jauh dari kedua orang tua dan anak-anak, serta istrinya. Kukirim bidadari dalam rupa ibunya da malaikat dalam rupa ayahnya, lantaran kasihan atas kehinaan dalam kesendiriannya.

Apabila orang asing (yang tidak bersanak keluarga) mati, penghuni langit dan bumi menangisinya lantaran kasihan kepadanya. Karena itu bagaimana Aku tidak mengasihinya, sedang Aku adalah Yang Maha Penyayang diantara para Penyayang.

Itulah kasih sayang nya Allah terhadap hamba-hambanya. semoga bermanfaat kisah ini bagi saya pribadi maupun pembaca yang budiman.

Sumber : Kitab Mawa 'Idul Usfuriyah Karya Muhammad bin Abu Bakar Al-Usfuri.






Share:

0 komentar:


jadwal-sholat