"Lakukanlah apa yang bermanfa'at untuk dirimu dan berpegang teguhlah dengannya"

Minggu, 24 September 2017

Obat Penghilang Sifat Munafiq

Sebagai Insan biasa yang lemah dalam menghadapi pancaroba kehidupan di alam dunia yang fana ini tentunya kita hanya bisa berikhtiar semaksimal mungkin dhohir dan batin. namun keberhasilannya hanya Allah jua yang menentukan. kepada Dia lah kita mengadahkan kedua belah tangan dan mengharap ridho-Nya. 

Nifaq (sifat bermuka dua) adalah sifat tercela dalam islam yaitu suatu watak yang lahirnya tidak sama dengan yang ada di dalam batinnya. fakta sejarah pun banyak mengungkapkan bahwa kehancuran umat islam kebanyakan dari sebab ulah orang-orang munafiq (di luarnya kelihatan muslim, namun hakikat batinnya menggerogoti islam dari dalam) . Wal'Iyaadzu biLLAHI min dzalik. 

Sifat ini jika di biarkan berkembang, tidak segera di obati, tidak mau berobat maka kelak di akhirat akan mendapatkan ancaman Allah SWT sebagaimana firman-Nya dalam surat An-Nisa : 145.
اِنَّ الْمُنَافِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ اْلاَسْفَلِ مِنَ النَّارِوَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيْرًا
Artinya : "Bahwa orang-orang munafiq itu ditempatkan di neraka pada tingkatan paling bawah, dan sama sekali tidak akan kamu dapati seorang penolongpun bagi mereka".

Nabi Muhammad Saw juga sudah mewaspadai kita bahwa Munafiq bisa di tandai dengan :
  1. Bicaranya suka bohong.
  2. Suka Ingkar janji.
  3. Menghianati amanah.
  4. Suka membalas kejahatan yang lebih jahat lagi
Kalau dalam diri kita sudah tertanam dari salah satu ke empat sifat tercela ini, maka kita sudah termasuk kemasukan sifat munafiq. jika semua watak ini sudah mendarah daging dalam tubuh kita, maka kita telah menjadi munafiq sejati.

Tiada jalan lain untuk menghilangkan sifat tercela ini kecuali kita harus berani, memaksakan diri untuk berbuat Shidiq (jujur, benar) serta di ikutkan agar menghias diri dengan berbagai perbuatan, kelakuan utama yang di ridhoi Allah dan Rasul-Nya.

Untuk inilah maka salah satu diantara Ulama Hikmah telah menemukan obat penyakit Munafiq, yaitu dengan cara "Membaca Surat Al-Munafiquun"  (surat ke 63 ayat 11) pada tiap-tiap hari secara istoqomah atau mudawamah.
وَنُنَزَّلُ مِنَ الْقُرْاَنِ مَاهُوَشِفَآءُ وَرَحْمَةٌ لِلْمُعْمِنِيْنَ
Artinya : "Kuturunkan Al-Qur'an sebagai obat bagi orang-orang yang beriman agar mereka mendapat rahmat, sehat dan barokah". (QS.Al- Israa :82)

Syarat utama agar bisa memanfaatkan Al-Qur'an sebagai obat adalah iman kepercayaan yang penuh keyakinan terhadap perintah-perintah Allah. bicara tentang obat tentu ada hubungannya dengan sakit dan sehat. jiwa manusia itu sendiri tersusun dari tiga komponen, yaitu perasa (id), rasio (ego) , dan hati. jika rasio adalah produk dari ilmu dan rasa produk dari seni, maka hati harus di isi dengan Iman.
يَآيُّهَنَّاسُ قَدْجَآءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَآءٌ لِّمَافِى الصُّدُوْرِ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِيْنَ
Artinya : "Hai manusia, telah datang kepadamu ilmu dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit yang berada dalam dada, yang merupakan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS.Yunis :57)

Ada banyak penyakit di dunia ini yang pada umumnya bisa di sembuhkan berdasarkan ilmu kedokteran. namun masih banyak juga yang belum bisa di sembuhkan oleh dokter seperti menghilangkan sifat-sifat munafiq ini yang bersarang dalam diri seseorang, ini merupakan bagian dari penyakit hati. baca juga : http://maknaibadah.blogspot.co.id/2015/07/maksiat-yang-berhubungan-dengan-hati.html

Dengan adanya kita berani melangkah ke arah ini semoga Hidayah Allah SWT dan Taufiq-Nya tetap berada dalam diri kita guna menarik kebaikan, kebajikan lain sehingga terhindar dari sifat-sifat munafiq. semoga....Wala haula walaa quwwata illaa biLLAH.


Share:

0 komentar:


jadwal-sholat