"Lakukanlah apa yang bermanfa'at untuk dirimu dan berpegang teguhlah dengannya"

Rabu, 12 Agustus 2015

9 Karomah Menjaga Sholat 5 Waktu

اَالصَّلَا تُ عِمَادُالدِّينِ فَمَنْ اَقَامَهَا فَقَدْ اَقَامَ الدِّينَ وَمَن تَرَكَهَا فَقَدْهَدَمَالدِّينَ
"Shalat itu adalah pilar agama, siapa yang mendirikan sholat maka ia menegakan agama dan siapa yang meninggalkan sholat maka ia merobohkan agama"

Berkatalah Al-Azizi : Agama Islam tanpa sholat bagaikan bangunan rumah tanpa tiang, dimana rumah tidak akan tegak melainkan dengan tiang-tiangnya.

Nabi Saw bersabda :
مَنْ تَرَكَ الصَّلَاةَ مُتَعَمِدً فَقَدْ كَفَرَ جِهَارً
"Barang siapa yang meninggalkan sholat dengan sengaja, maka ia benar-benar telah kafir secara terang-terangan".

Utsma ra berkata : Barangsiapa yang memelihara sholat lima waktu  tepat waktu secara terus menerus, maka Allah akan memuliakanya dengan sembilan kemuliaan yaitu : Ia dicintai Allah Swt-Badannya menjadi sehat-Ia dijaga oleh malaikat-Keberkahan turun di rumahnya-Terpancar diwajahnya aura orang-orang yang sholeh-Allah menjadikan hatinya lemah lembut-Dapat melintasi shirot (jembatan) secepat kilat-Allah menyelamatkanya dari neraka-Allah menempatkanya di dalam syurga berdampingan dengan orang-orang yang tidak dicekam ketakutan dan tidak pula kegelisahan

Sembilan kemuliaan bagi orang yang sholat lima waktu  menurut sahabat Utsman ra sebagaimana yang disebutkan di atas ialah :
  • Allah Swt mencintainya dan memberikan keistimewaan kedekatan hubungan dengan-Nya dan Hal Ihwalnya bernilai tinggi
  • Badanya menjadi sehat tanpa adanya cacat
  • Mendapatkan penjagaan atau mengawalan malaikat, hingga terhindar dari mala petaka yang membinasakanya
  • Keberkahan turun dari rumahnya, rumahnya membawa berkah dan kebaikan yang banyak
  • Wajahnya memancarkan aura orang-orang yang sholeh, tergores diraut wajahnya rona-rona kesholehan
  • Allah menjadikan hatinya lemah lembut, hingga mau menerima nasehat
  • Dapat melintasi Ashirath (jembatan) secepat kilat, secepat perjalanan cahaya
  • Allah menyelamatkanya dari neraka jahanam
  • Allah menempatkanya di dalam syurga berdekatan dengan orang-orang yang tridak dicekam katakutan dan tidak pula kegelisahan yakni didekat para kekasih Allah (wali) dan pembesar.
Hujjatul Islam Imam Ghazali menyebutkan dalam Ihya Ulumuddin : Nabi saw bersabda : "Shalat lima waktu itu seperti sungai mengalir dimuka pintu salah seorang dari kamu semua, lalu ia mandi dari padanya setiap hari lima kali. maka apakah kamu semua melihat masih ada yang tertinggal kotoranya..? jawab sahabat : "Tidak ada sesuatupun" maka demikianlah sholat lima waktu, Allah menghapus dosa denganya, sebagaimana air itu menghilangkan kotoran".

(Sumber : Kitab Nashoihul Ibad Syekh Nawawi Al-Bantani-Syarah Tanqihul Qaul Lubabul Hadits Al-Hafidh Jalaluddin Abdurahman As-Suyuthi )

Share:

0 komentar:


jadwal-sholat