"Lakukanlah apa yang bermanfa'at untuk dirimu dan berpegang teguhlah dengannya"

Kamis, 16 Juli 2015

Wejangan Iblis Kepada Firaun

Soal nasehat engga bener Iblis jagonya. bukankah Moyang Manusia, Adam as dan istrinya diturunkan dari syurga lantaran nasehat gombal sang iblis yang merayunya untuk makan buah khuldi agar bisa kekal tinggal di dalam syurga ?

Tak terkecuali Fir'aun musuh bebuyutan kanjeng Nabi Musa as. akan tetapi saat ini nasehatnya lumayan bagus , dan taukah anda ?

Suatu ketika iblis datang bertamu ke istana Fir'aun, "Tok !, tok  ! tok !,"pintu pun diketuk "Siapa diluar  !," tegas Fir'aun. "kalau kau memang tuhan, pasti kau tau siapa aku,"sambut si iblis.

Mengasyikan memang celoteh iblis ini, mungkin dia pun keki kepada Fir'aun gara-gara mengklaim dirinya sebagai tuhan dihadapan rakyat mesir, sebagaimana diceritakan dalam Al-Qur'an tentang klaim si raja mesir ini,

"Aku adalah tuhanmu yang paling tinggi  !," (QS. an-Nazi'at :24)

Bukankah sifat tuhan itu Maha melihat ?. Ironis seorang yang mengaku sebagai tuhan, sesuatu yang ada di balik pintu saja tidak tau. mungkin saat itu sang iblis bergumam, "Sebejat-bejatnya aku tidak pernah mengaku tuhan,dan kau, baru menjadi penguasa mesir saja sudah berani mengaku sebagai tuhan."

Konyolnya lagi, si Fir'aun ini pun mengklaim bisa menghidupkan dan mematikan orang sabagai penjelmaan dirinya menjadi tuhan, yaitu saat dikejar mimpi buruknya bahwa nanti ada seseorang yang akan menghancurkan diri dan kerajaanya. kemudian lewat wangsitnya itu, bergegaslah ia mengumpulkan seluruh bala tentaranya dan memerintahkan untuk membunuh seluruh bayi laki-laki yang ada saat itu dan membiarkan hidup bayi perempuan.

Baiklah kita tinggalkan sejenak wacana theologi konyol si Fir'aun dan kita lanjutkan dengan nasehat iblis berikutnya.

Hai Fir'aun taukah kau,siapa manusia yang lebih buruk dari kamu ?," tanya iblis. Fir'aun pun menggelengkan kepalanya tanda tidak tau. Manusia yang paling buruk dari sampean adalah si pendengki (hasud),"jawab iblis sendiri. 

Selesai sudah sang iblis la'natullah berwejangan di hadapan Fir'aun.(Lihat, kitab Qami at-Thugyan,Syeikh Nawawi al-bantani)

Dan taukah anda ciri sifat hasud yang paling ringan ? Senang Melihat Orang Susah dan Susah Melihat Orang Senang.

Sumber : Qami-at-Thugyan, oleh Syeikh Nawawi al-bantani (Muhammad Yusuf Hidayat)
Share:

0 komentar:


jadwal-sholat